Program IMTAQ SD NEGRI 4 AIKMEL

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Segala puji bagi Allah Subhanahuwata’ala yang telah member petunjuk kepada hamba-Nya sehingga sampai saat ini kita tetap beraktivitas menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Amin.Sholawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan alam Nabi yang mulia Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang telah berjuang menyebarkan agama yang sangat mulia yaitu agama Islam yang diridhoi Allah Subhanahuwata’ala. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing umat manusia dari zaman jahiliyah/kebodohan menuju zaman terang benderang dalam naungan iman dan Islam.

Mengingat kondisi dunia saat ini, di mana manusia telah sangat banyak yang berperilaku negatif dalam kehidupan, khususnya di kalangan anak-anak yang masih sangat rawan dalam pemahaman mereka akan nilai-nilai moral dan agama. Hal ini sangat perlu dipikirkan dengan arif dan bijaksana oleh kalangan orangtua dan pendidik yang dalam hal ini sebagai puhak yang bertanggung jawab penuh dalam pembinaan moral dan agama tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka sangatlah perlu menanamkan nilai-nilai moral dan keagamaan sejak dini kepada anak-anak kita terutama pada mereka yang masih duduk di bangku sekolah.
Program IMTAQ SDN 4 Aikmel

Bertitik tolak dari hal tersebut di atas, maka Sekolah Dasar Negeri 4 Aikmel memprogramkan pelaksanaan kegiatan pembinaan iman dan taqwa (imtaq) bagi seluruh siswanya supaya mereka memiliki kepribadian yang sesuai ajaran Islam dan tuntunan Rasulullah Sallallahu’alaihi Wasallam. Akhir kata, bagaimana pun juga program ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saran  dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami nantikan guna perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang

ADAPUN MATERI KEGIATAN PEMBINAAN IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) SEKOLAH DASAR NEGERI 4 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2016-2017 TERDIRI DARI :

1. Aqidah/Tauhid
a) Rukun Iman
b) Sifat-sifat wajib bagi Allah Subhanahu wata’ala
c) Nabi dan Rasul
d) Malaikat dan tugas-tugasnya
e) Asma’ul Husna

2. Syari’ah/Ibadah
a) Sholat Fardlu
b) Puasa
c) Zakat
d) Hajji
e) Adzan dan Iqomah

3. Mu’amalah
a) Jual-beli
b) Tolong-menolong
c) Pinjam-meminjam

4. Akhlak
a. Akhlaqul Mahmudah (Perilaku Terpuji)
1. Berbakti kepada kedua orangtua
2. Berbakti kepada guru
3. Sikap hormat kepada tetangga
4. Sikap hormat dan santun terhadap sesame manusia
5. Sikap jujur
6. Sikap tanggung jawab
7. Sikap senang terhadap kebersihan
8. Sikap disiplin
9. Sikap rajin

b. Akhlaqul Mazmumah (Perilaku Tercela)
1. Kikir
2. Sombong
3. Dengki/Hasad
4. Aniaya/Zhalim
5. Pendendam
6. Menghasut
7. Bergunjing
8. Suka mencuri
9. Pembohong/munafik
10. Mengadu domba

Anda ingin mendapatkan contoh program IMTAQ Sekolah Dasar silahkan unduh dibawah ini:
PROGRAM IMTAQ SD NEGERI 4 AIKMEL TAHUN 2018

No comments: