Program Ekstrakurikuler MIPA Bidang IPA Sekolah Dasar Negeri 4 Aikmel

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas karunianya Alhamdulillah kami telah dapat meyusun program MIPA (IPA)yang sederhana ini. Program MIPA khususna bidang (IPA) ini dibuat sebagai panduan administrasi dalam kegiatan persiapan siswa yang memiliki Kemampuan di bidang IPA yang handal sehingga nantinya diharapkan ada kesesuaian antara buku panduan dengan kegiatan di lapangan. Apalagi kegiatan MIPA (IPA) adalah salah satu bentuk kegiatan untuk memberikan pendidikan dasar tentang materi IPA sebagai bahan menghadpi Olimpiade MIPA baik di tingkat Kcamatan, Kabupaten, Provinsi, maupun tingkat Nasional kami harapkan bagi semua siswa SD Negeri 4 Aikmel atau para peserta dapat mempelajari buku ini sehingga dapat melaksanakan pelatihan dengan penuh rasa tanggung jawab serta dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. 
Akhirnya kami sebagai penyusun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan Program MIPA (IPA) ini. Akhir kata semoga panduan MIPA (IPA) ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Program Ekstrakurikuler MIPA Bidang IPA Sekolah Dasar


A. Dasar pemikiran 
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan Bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Alloh SWT dan berbudi pekerti tang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri sertamempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Berbagai upaya kegiatan pendidikan khususnya pada jalur pendidikan sekolah telah banyak dilakukan guna mencapai tujuan pendidikan tersebut. Pemberian pelajaran tambahan di luar jam wajib belajar merupakan salah satu upaya pendidikan yang dapat mencakup berbagi butir-butir tujuan pendidikan yang hendak dicapai. 

Pelaksanaan MIPA (IPA) seyogyanya dilaksanakan dengan penuh perhatian yang sungguh-sungguh dari seluruh pihak terutama pada pendidik dari sekolah-sekolah yang dibawah naungan departemen agama sehingga hal ini dapat menciptakan dan meningkatkan sumberdaya manusia sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam GBHN dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan hal tersebut diatas, maka kegiatan les MIPA (IPA) perlu terus dibina dan dikembangkan dengan penyelenggaraan yang baik, tertib dan teratur dengan tidak meninggalkan hal-hal yang esensial serta atura-aturan yang telah ditentukan oleh Lembaga yang bersangkutan. 

Untuk lebih meningkatkan keberhasilan usaha pembinaan seperti disebutkan diatas, maka kita juga harus meninjau sisi para pendidik disekolah-sekolah, perlu untuk diikutsertakan dalam berbagi penataran-penataran yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai materi tentang MIPA (IPA)sehingga mereka memiliki wawasan dan keterampilan tentang seluk beluk penyelenggaraan pembinaan pembelajaran IPA, sehingga mereka mengetahui tentang hal tersebut maka dengan demikian diharapkan mereka dapat memotivasi anak-anak didiknya agar dapat memahami maksud dan tujuan pelaksanaan ekstrakurikuler MIPA (IPA)yang selalu diadakan setiap hari Rabu. Selanjutnya pelaksanaan program MIPA (IPA)yang kini dilaksanakan dilengkapi dengan kelengkapan administrasi sebagai upaya untuk menambahkan kesempurnaan pelaksanaannya.

B. Landasan 
Dasar pelaksanaan program MIPA (IPA)antara lain :
1. Pancasila
2. Undang-undang Dasar 1945
3. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
4. Kep. Mendiknas Nomor 39 tentang Pembinaan Kesiswaan

C. Maksud Kegiatan
Maksud dilaksanakan MIPA (IPA)adalah untuk mendukung dan mencapai salah satu dari tujuan Pendidikan Nasional dan dalam rangka pemantapan sekolah sebagai sarana dalam peningkatan kualitas manusia Indonesia.

D. Tujuan Kegiatan
Tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan program MIPA (IPA)di SDN 4 Aikmel  adalah

  1. Membentuk siswa yang memiliki prestasi dibidang IPA (SAINS)
  2. Membiasakan siswa belajar mendiri
  3. Meningkatkan kemampuan dibidang IPA shingga mampu menjadi utusan yang terbaik untuk mengikuti Olimpiade MIPA
  4. Membiasakan kebiasaan disiplin
  5. Membina kekompakan dan kerjasama
  6. Membantu staff pengajar dalam memberikan pelatihan mengenai materi IPA.
  7. Menumbuhkan  rasa persatuan dan senasib sepenanggungan serta ikatan yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
  8. Meningkatkan rasa kedisiplinan dengan mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan pribadi.
  9. Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan keberanian dalam bertindak pada kehidupan sehari-hari, sehingga para siswa berani mengambil setiap resiko yang ada.

E. Sasaran Program
Sasaran dari pelaksanaan kegiatan MIPA (IPA) ini adalah kelas IV dan V SD Negeri  4 Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.

F. Hasil Yang Ingin Dicapai
Respon pihak sekolah dan seluruh siswa pada masing-masing kelas begitu antusias terhadap kegiatan les MIPA. Terbukti dengan antusiasme para siswa untuk bertanya saat kegiatan pelatihan dan selalu hadir setiap kegiatan berlangsung, selain itu pihak sekolah meminta kegiatan pelatihan tersebut dilakukan secara bertahap setiap minggunya, karena pihak sekolah merasakan banyaknya manfaat dari kegiatan pelatihan tersebut 


G. Penutup
Demikian Program MIPA (IPA) ini di buat sebagai kelengkapan administrasi pada kegiatan MIPA (IPA)di Tingkat Sekolah. Kami menyadari pada penyusunan program ini banyak kekurangan tapi kami berusaha se maksimal dan se optimal mungkin. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa memperbaiki segala kekurangan dan memelihara segala yang telah di anggap baik khususnya dalam penyelenggaran les MIPA (IPA). Atas segala pihak yang telah mendukung dan membantu dalam penyusunan program ini kami haturkan banyak terima kasih

No comments: