Cara Login Input Daftar Hadir GTK Online

Seputar DHGTK ini memberikan informasi update mengenai cara input daftar kehadiran GTK pada laman http://223.27.144.195:2017 Tahun 2018 (update). Sebelumnya silahkan anda baca informasi mengenai cara login data kehadiran guru dan tenaga kependidikan versi 1.1 2017-2018 dilaman http://223.27.144.195:2017untuk menambah referensi bacaan mengenai D.H.G.T.K ini. Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan atau D.H.G.T.K tahun 2018 sudah bisa dipergunakan untuk memonitor kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan disekolah. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan data Dapodik versi 2018a, sehingga bagi sekolah yang hendak menginputkan daftar hadir Guru dan Tenaga Kependidikannya harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi 2018.a agar nantinya data yang masuk ke laman D.H.G.T.K adalah data yang terbaru.

Selanjutnya bagaimanakah caranya kita menginputkan daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan (D.H.G.T.K) pada aplikasi tersebut. Berikut kami coba bagikan sedikit gambaran umum panduan input daftar kehadiran GTK pada laman http://223.27.144.195:2017

  1. Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diperlukan karena sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya bisa dijalankan jika kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online.
  2. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi link http://223.27.144.195:2017 untuk menampilkan bagian halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda dapat menggunakan berbagai browser sebagai media untuk membuka laman seperti chrome dan mozilla.
  3. Langkah berikutnya adalah silahkan anda login aplikasi dengan menggunakan user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan kode yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut.  Atau jika anda sebagai kepala sekolah, silahkan anda login dengan menggunakan userid kepala sekolah yang sudah terdaftar di aplikasi dapodik. Perhatikan langkah pada gambar berikut: 

Cara Login Input Daftar Hadir GTK Online

Perhatikan sebagai berikut
1. Silahkan masukkan no NPSN sekolah anda
2. Silahkan inputkan user dapodik atau user kepala sekolah jika posisi anda sebagai kepala sekolah.
3. Silahkan inputkan pasword dapodik atau pasword userid kepala sekolah
4. Masukkan kode yang tertulis pada gambar diatas.
Setelah anda berhasil login, maka anda akan menjumpai halaman beranda aplikasi D.H.G.T.K. Pada halaman ini anda hanya menjumpai data profil sekolah, data pengguna, serta diagram kehadiran guru baik dalam satu bulan berjalan maupun diagram kehadiran guru dalam beberapa bulan. Berikut ini kami contohkan halaman beranda dari D.H.G.T.K:

Langkah seanjutnya adalah silahkan Bapak/Ibu/Saudara klik menu kehadiran yang terletak di sebelah kanan beranda. Pada menu kehadiran, anda akan disajikan sebuah notifikiasi yang tertulis " Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) jika anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum memiliki kalender sekolah". Dalam hal ini sebaiknya anda mengubah format kalender pendidikan seuai dengan kalender pendidikan sekolah. Untuk mengubah template kalender, anda dapat menggunakan menu yang terletak dibawahnya yaitu menu tambah baru, menu hapus semua dan menu show template.

Perhatikan uraian berikut ini

  • Untuk membuat template baru, silahkan klik menu tambah baru
  • Untuk menghapus semua template yang disediakan, maka klik hapus semua. Untuk sementara ini, menu ini belum berfungsi dengan baik, sehingga ketika kita klik hapus semua, template bawaan masih tampil dihalaman. Solusinya adalah hapus template satu persatu dengan memilik template lalu klik hapus.
  • Untuk menampilkan template yang sudah dibuat, maka silahkan anda klik show template.

Sekanjutnya adalah bagaimana membuat template baru. Berikut inidapat saya gambarkan cara membuat template baru pada laman daftar hadir gtk tahun 2018 di D.H.G.T.K

  1. Persiapkan data kalender pendidikan sekolah anda.
  2. Klik menu tambah baru yang terletak dibagian bawah menu kehadiran
  3. Setelah anda menjumpai form isian tambah kalender, anda diminta memilih jenis libur, lalu inputkan mulai tanggal libur dan sampai tanggal libur. Anda juga dapat menambahkan keterangan jenis libur dibagian form isian keterangan, lalu klik simpan dan ok!.

No comments: