Contoh Laporan PPL KKN Terpadu

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pendidikan merupakan faktor penting dalam menunjang kelangsungan hidup manusia, karena melalui pendidikan kita bisa membangun karakter bangsa yang cerdas, sehingga tercipta manusia berpendidikan dalam seluruh rakyat Indonesia, dengan menjadikan pendidikan sebagai tonggak atau dasar dalam membangun pendidikan di bangsa ini. Yang dimana kita Negara Indonesia akan terbebas dari kebodohan, dan buta aksara.
Berbagai Pendidikan dapat diperoleh melalui lembaga formal maupun informal. Yang terbagi atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan perguruan tinggi.  Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di NTB khususnya di Lombok Timur yang di dalamnya terbagi atas berbagai jurusan.
Dimana  Praktek pengalaman lapangan (PPL) adalah latihan mengajar dalam upaya mempersiapkan Mahasiswa sebagai wujud calon tenaga pendidik yang professional dan terampil dalam bidang keguruan.Itulah kenapa  PPL dan Pengelolaan Pendidikan merupakan bagian integral dalam keseluruhan kurikulum yang mencakup seluruh kegiatan persiapan sebelum latihan mengajar di kelas dan latihan pengelolaan kependidiakan.
Yang dilaksanakan Dalam pelaksanaan praktek pengalaman lapangan (PPL). Mahasiswa ditempatkan pada sejumlah sekolah-sekolah yang ada di Lombok Timur, salah satunya sekolah yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan PPL adalah SD Negeri 4 Aikmel.
B. Tujuan PPL
Tujuan yang diharapkan dalam pelaksanaan pengalaman lapangan terbagi atas 2 tujuan, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum sebagai mana tersebut di bawah ini:
1. Tujuan umum
a. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman dalam mengaplikasi teori pengalaman kegiatan belajar mengajar.
b. Meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pengolahan kegiatan belajar mengajar.
c. Mendorong mahasiswa S1 PGSD untuk senantiasa mengawas diri atas kegiatan professional sebagai tolak ukur peningkatan kemampuan professional guru.
d. Menanamkan sikap keguruan dalam praktikan.
e. Memberikan pengalaman lapangan yang nyata sebagai usaha meningkatkan keterampilan mengelola kegiatan belajar mengajar.
f. Memberikan kesempatan secara langsung kepada Mahasiswa untuk ikut andil dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di SDN 4 Aikmel.
g. Meningkatkan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor bagi Mahasiswa sebagai calon pendidik melalui diskusi dan bimbingan langsung dari guru pamong dan dewan guru lainnya yang ada di SDN 4 Aikmel
2. Tujuan khusus
a. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa sebagai calon guru.
b. Dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek lapangan.
c. Mahasiswa diharapkan memiliki komitmen terhadap tugas-tugas potensial guru antara lain:
1) Melayani siswa
2) Meningkatkan keahlian
3) Menyelesaikan diri dengan tuntutan potensial yang semakin maju.
4) Memberikan pelajaran kepada masyarakat.
5) Melatih diri sampai di mana batas kemampuannya dalam mengelola kelas pada saat berhadapan dengan lingkungan sekolah.
6) Melatih diri dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada saat proses pembelajaran.

File Lengkap Bab I - V UNDUH DISINI    atau SDOT DISINI AJA


No comments: