APLIKASI US SD KABUPATEN LOMBOK TIMUR

POS UN 2013-2014 by atharhn

Cara Menggunakan Situs Pendataan Siswa Ujian Nasional dan Register Forum Pendataan

Satu kenyataan dalam dunia pendidikan saat ini adalah bahwa pengelolaan pendidikan oleh semua pihak berkepentingan sudah jauh lebih maju. Antara lain pengelolaan pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan TIK atau internet.
Tentunya kemajuan itu memang harus terjadi, mau tidak mau dunia pendidikan harus menyesuaikan diri dengan tuntutan dan kemajuan jaman, bukan hanya pada aspek pembelajaran saja namun di berbagai aspek yang terkait pendidikan. Sekarang tinggal bagaimana kesiapan para pelaku pendidikan di lapangan, terutama guru. Suatu keniscayaan, guru tentunya wajib menguasai segalanya terkait dengan pengembangan pendidikan berbasis ICT.

Dalam aspek pengelolaan pendidikan yang menyangkut pendataan mengenai persekolahan (nonedukasi), saat ini sudah serba online memanfaatkan jasa internet. Salah satu contoh adalah pendataan peserta UN, mulai pada tahun pelajaran 2012/2013 data peserta UN dikirim secara online melalui situs http://103.10.170.163. Bagaimana caranya? Ikuti sedikit penjelasan berikut ini.

Apabila kita akan masuk pada situs tersebut dalam rangka apa pun, maka kita buka browser dan tulis di sana http://103.10.170.163 kemudian enter. Atau jika Anda ingin praktis klik saja tautan berwarna merah di atas. Nanti akan terlihat tampilan seperti ini :
Silahkan masukan "user" Anda sesuai petunjuk dari instruktur atau petunjuk yang tersedia dalam berkas aplikasi. User tiap sekolah berbeda. Setelah menuliskan user, silahkan salin kode pengaman (chace) yang berwarna hijau ke dalam kotak di bawahnya, lalu klik login. Jika user dan atau kata sandi yang Anda masukan salah, maka akan keluar warning bahwa Anda salah (error) dan Anda harus mengulanginya lagi. Jika login berhasil, maka Anda sukses akan melihat ini :
Untuk melihat gambar lebih besar klik gambarnya




Silahkan kelola akun Anda sesuai kebutuhan. Oh, ya, mau keluar? Silahkan klik "logout" ! Heheheh....kali aja belum paham...! Heheheh....lagi...!

CARA MASUK ATAU DAFTAR FORUM

Anda sebagai operator sekolah? Sebagai operator sekolah agar hidupnya tidak sunyi senyap dan agar sedikit boros rokok (hihihih....), maka sebaiknya Anda register alias daftar menjadi anggota forum pendataan melalui platfom media yang ada di atas. Perhatikan URL yang tercantum di bawah tulisan "PENDATAAN SISWA UJIAN NASIONAL SD/MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013" Yooo, masuk ! Caranya yang praktis aja, copy saja http://forumdata.infoun.info dan pastekan ke browser Anda lalu enter ! Akan muncul tampilan seperti ini :

Klik register, keluar tampilan di atas. Masukkan username (nama pengguna), masukkan email Anda dan masukkan juga password Anda 2 kali, di atas dan di bawahnya. Klik dulu button (tombol) pilihan grup yang akan Anda groupping lalu salin huruf yang tertera (chach) kedalam kotak di bawahnya. Setelah beres semuanya, Anda klik tombol "register" yang ada di paling bawah. Silahkan Anda baca dulu kebijakannya (MoU) tuh ceritanya, heheh..! Baca dulu tuh, teks "Anda setuju...dst". silahkan lakukan scrolling sampai bawah, lalu klik "I Agree" dan .......duwaaaaar...! Heheheh....klik register ! Maka muncul pula penampakan seperti ini :
Tampilan bahwa kita berhasil masuk anggota


Sudah jadi anggota? Belum kelar Gan, buka dulu email masuk dulur-dulur untuk memverifikasi. Di sana ada instruksi yang harus dilalui. Baca aja tuh, tulisan Inggrisnya ! Jangan tanya artinya, raport saya tidak pernah beranjak dari nilai 6 untuk bahasa Inggris ! Heheheh....canda...padahal ya ! Tapi yang jelas di email masuk Anda akan ada pesan seperti ini:


Kalau sudah menjadi anggota (ingin gbr lebih besar, klik gambarnya)
BAGI ANDA YANG BELUM PUNYA APLIKASI SILAHKAN DOWNLOAD LINK DIBAWAH INI ?
https://docs.google.com/folderview?id=0B3yJQuUkT05lS1FMc2MtRVhUdlk

Demikian, semoga bermanfaat. Mohon maaf

No comments: